Kamis, 21 Mei 2015

Air Tumpah Dari Tabung Reservoir Radiator

WONG PATI – Mengetahui apa penyebab air tumpah dari tabung reservoir radiator atau tabung cadangan air radiator.
Ketika sedang dalam perjalanan mungkin kita dikejutkan dengan adanya asap atau uap air yang terlihat dari balik kap mesin. Yang disebabkan oleh air radiator di reservoir mendidih dan mengeluarkan asap.
Asap atau uap air yang terlihat keluar dari kap mesin tersebut boleh jadi adalah karena air radiator yang tumpah dari tabung reservoir.
Reservoir radiator mesin 1NZ-FE

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab air tumpah dari reservoir:
1. Terjadi temperature tinggi pada mesin
Temperatur tinggi pada mesin bisa jadi disebabkan oleh beberapa sebab di antaranya pack kop atau pack silinder head bocor, hal ini sudah ditulis silakan lihat Pack Silinder Head Bocor.
2. Tutup radiator rusak
Tutup radiator rusak terutama terjadi kerusakan pada relief valve, sehingga sebelum tekanan pada sistem pendingin mendekati tekanan buka relief valve (tekanan buka relief valve terlihat pada tutup radiator), air radiator sudah mengalir terlebih dahulu ke seservoir. Lebih detail masalah tutup radiator ini telah dibahas terpisah silakan lihat DISINI.
3. Kipas Radiator Tidak berputar saat temperatur kerja mesin
Kipas radiator tidak berputar bisa jadi karena kipas radiator sendiri yang rusak atau pun masalah pada sistem kelistrikan cooling sistem. Kalau  sedang di perjalanan silakan simak Tips Kipas Radiator Tidak Bekerja.
4. Kemungkinan ke empat adalah periksa V-belt yang memutar water pump, apakah v-belt putus atau hilang karena putus ditengah jalan. Karena V-belt ini yang berfungsi untuk memutar water pump mesin agar air radiator bersirkulasi.
5. Kemungkinan yang lain, karena mungkin sebelum mobil jalan kita mengisi air cadangan radiator terlalu penuh.
Kebocoran pada air radiator pada jalur cooling sistem juga menyebabkan temperatur tinggi mesin, tetapitidak menyebabkan air tumpah dari reservoir, karena air radiator akan habis terlebih dahulu.
(sumber : http://otomotrip.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar