Kamis, 21 Mei 2015

Tips Mendeteksi Kerusakan Radiator Sebelum Bocor

WONG PATI- Mendeteksi sejak dini sebelum radiator bocor termasuk penting agar tidak terjadi kebocoran pada radiator ketika kita sedang dalam perjalanan. Radiator mobil merupakan media untuk mendinginkan mesin mobil dan mencegah temperatur berlebihan pada mesin mobil dengan bantuan hembusan kipas radiator untuk membuang panas mesin ketika temperatur kerja tercapai.
Pada artikel Tips Cara mendeteksi Radiator mobil rusak ini di khususkan untuk radiator tipe alumunium yang menggunakan bahan dari plastik pada upper tank dan lower tank radiator tersebut.
Upper tank radiator tipe aluminium

Untuk mendeteksi agar kita terhindar dari mesin overheating karena terjadi bocor pada radiator tipe alumunium ini, bisa melakukan pemeriksaan pada bagian upper tank yang biasanya akan lebih dulu mengalami keretakan dan bocor. Dikarenakan bagian atas radiator tersebut yang menerima panas air langsung dari mesin sebelum didinginkan.
Pemeriksaan terhadap keretakan pada upper tank radiator ini bisa dilakukan mulai kilometer tempuh 150 ribu,lebih awal juga lebih baik. Sedangkan lower tank umur nya lebih panjang bisa dua kali umur upper tank, karena lower tank lebih dingin.
Secara detail gejala keretakan pada upper tank dari bahan plastik pada radiator tipe alumunium ini akan terlihat garis-garis warna kecoklatan dekat kleman upper tank (lihat gambar atas).
Sirkulai air radiator pada mesin
Gambar Sirkulasi Air Radiator
Tips dan cara lain untuk mendeteksi radiator mobil rusak yang disebabkan saluran air radiator tersumbat oleh kerak adalah dengan menghidupkan mesin mobil, buka tutup radiator dan tunggu hingga temperatur kerja mesin di mana saat tersebut thermostat mesin terbuka dan air mulai bersirkulasi melewati radiator (lihat gambar di atas).
Saat mesin sudah panas ketika mesin di gas maka air radiator akan terlihat mengalir deras mengikuti putaranwater pump jika radiator dalam kondisi baik dan tidak tersumbat. Dan cara ini tidak kita anjurkan untuk yang belum perpengalaman.
Penting juga untuk melihat kondisi slang-slang radiator,biasanya slang radiator yang rawan bocor adalah yang sudah mengeras atau tidak elastis lagi.Hal ini bisa di periksa dengan menekan slang menggunakan tangan,kalau terdengar atau terasa ada bunyi krek-krek saat slang ditekan,lebih baik segera ganti.
(sumber : http://otomotrip.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar