Kamis, 21 Mei 2015

Penyebab Kipas Radiator Mobil Bunyi Keras

WONG PATI – Mengetahui penyebab kipas radiator elektrik atau fan pada radiator mobil bunyi keras atau bersuara kasar atau gemuruh yang disertai getaran keras bahkan getaran terdengar sampai ke dalam kabin saat kipas berputar saat temperatur kerja mesin atau pun ketika ac mobil dinyalakan.
Kipas radiator bersuara kasar atau bunyi keras ketika hidup sering kali membuat tidak nyaman saat kita berada di dalam kabin dan biasanya kipas radiator bunyi ini ditemui pada kendaraan dengan motor cooling fan atau motor listrik yang di sebabkan bearing serta bushing pada motor cooling fan rusak. Bearing rusak dan atau atau keausan bushing.Gambar bushing pada motor cooling fan
Untuk cek atau periksa keausan busing atau bearing motor cooling fan bisa diperiksa dengan cara menggoyang fan blade atau kipas radiator dan terasa oblag. Disamping kipas radiator bersuara kasar juga terasa getaran yang berlebihan ketika motor cooling fan berputar.
Kipas radiator atau ekstra fan bunyi keras yang disebabkan karena keausan bushing atau bearing serta as pada motor fan juga bisa di dengarkan ketika menghidupkan ac mobil.
Penyebab lain yang menyebabkan kipas radiator bunyi keras adalah fan blade yang tidak center sebagai akibat panas yang berasal dari motor cooling fan yang rusak, sehingga sambungan alumunium dengan plastik pada fan blade meleleh.gambar fan blade dan bagian bagian kipas radiator
Jika motor cooling fan atau motor ekstra fan sudah bunyi keras dan kasar langkah baiknya adalah melakukan penggantian dengan yang baru. 
(sumber : http://otomotrip.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar