Senin, 27 April 2015

Agar Rumah Tak Jadi Sarang Penyakit


Hasil gambar untuk kamar modern minimalis

WONG PATI-  Terlalu sibuk dengan aktivitas di luar rumah terkadang membuat banyak orang cenderung mengabaikan rumah mereka. Mereka menjadi enggan untuk membersihkan atau merapihkan rumah.

Tentu saja, rumah yang jarang dirawat tak hanya terlihat kotor, namun rumah Anda juga akan menjadi berantakan. Melihat rumah yang berantakan tidak hanya mempengaruhi suasana hati Anda, tetapi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Bagaimana menciptakan rumah yang sehat?

Ruang tamu
Ruang tamu menjadi tempat di mana Anda paling sering menghabiskan waktu. Penelitian mengungkapkan bahwa kursi dan sofa di ruang tamu adalah beberapa tempat yang paling 'jorok' di rumah karena banyak kotoran makanan dan hal lainnya menumpuk pada sofa. Jadi pastikan Anda tetap menjaga kebersihan ruang tamu Anda secara teratur.

Karpet
Karpet di rumah Anda mungkin terlihat bersih, namun jika Anda jarang membersihkannya, karpet tersebut mengandung banyak debu yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan alergi. Bersihkan atau cuci karpet Anda setidaknya beberapa hari secara teratur atau dengan menggunakan vakum untuk mengangkat debu-debu dari karpet Anda.

Pencahayaan
Sudahkah rumah Anda mendapatkan pencahayaan dengan benar? Banyak orang tidak menyadari bahwa lampu yang mereka gunakan ternyata bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi pastikan Anda tidak menggunakan penerangan yang keras. Sebaliknya, gunakan lampu yang halus terutama di kamar tidur.

Perlengkapan di kamar tidur
Banyak orang cenderung mengabaikan peralatan tidur mereka yang seharusnya diganti setiap minggu. Seprei, sarung bantal, selimut dan tirai umumnya menjadi sarang debu dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kulit dan gangguan pernapasan. Jadi ganti seprei atau perlengkapan tidur lainnya seminggu sekali dan gunakan desinfektan saat Anda mencucinya.

Kamar mandi
Lingkungan yang lembab seperti kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling banyak mengumpulkan bakteri. Jika Anda jarang membersihkannya, berlama-lama di kamar mandi tak menutup kemungkinan bagi Anda terserang beberapa penyakit. Agar kamar mandi Anda terbebas dari bakteri dan kuman, bersihkan secara teratur dan usahakan kamar mandi Anda tetap kering. 

(sumber : metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar